Antara Susan Boyle dan Aloysius Budi


Di tahun 2009 Susan Boyle mengejutkan televisi Inggris di acara Britain’s Got Talent. Boyle yang ketika itu berusia 47 tahun jauh dari penampilan glamour seorang penyanyi. Berbadan gemuk khas wanita paruh baya, rambut keriwil dan alis gondrong, penampilannya ‘ngampung’ walau tetap percaya diri. Waktu Simon Cowell bertanya apa mimpinya dia menjawab “saya mau jadi penyanyi profesional, sesukses Elaine Paige” dan penonton membelalak mencemooh. Tetapi keajaiban terjadi waktu nona ini mulai bernyanyi. Lagu yang dipilihnya merupakan lagu dari play Les Miserables, I dreamed a dream, seakan membuka pintu cita-cita yang tidak hilang dimakan usia. Lihat videonya disini . Walaupun dia tidak memenangkan kompetisi ini, tetapi dia adalah penampil yang paling sukses, album pertamanya dirilis November 2009 dan menjadi CD dengan penjualan terbaik diseluruh dunia.
Ketenaran Susan Boyle sangat terbantu dengan youtube, facebook dan twitter. video youtubenya ditonton 2.5 juta kali 72 jam setelah diupload. Pada ahir 2009 video audisinya menjadi video ‘most watched video youtube of the year’ dengan 120 juta views.

Susan Boyle kemudian

Nah, sekarang di Indonesia’s Got Talent juga muncul seorang Aloysius Budi. Pria gondrong berpenampilan rocker kucel dan beraksen jawa ini pada audisinya juga terlihat sedikit diremehkan oleh juri, dan pilihan lagunya ‘Ave Maria’ dikomentari ‘Mama Ina’ dengan rada sinis ”oooo…. melankolis … “. Tetapi waktu dia sudah bernyanyi semua audiens dan para juri tersihir dengan suaranya.

Sekarang Aloysius Budi sudah mencapai tahap semifinal, dan dia juga sudah di make overdengan baik sehingga jauh dari penampilan awalnya dan tampak guanteng. Divideo ini dia berduet dengan kontestan lain Vania yang sama-sama beraliran seriosa.

Penampilan yang indah dan menggetarkan dari Budi dan Vania
Tentu saja Budi tidak bisa disamakan dengan Boyle. Peminat acara Indonesia’s Got Talent tidak sebesar Britain’s Got Talent, dan barangkali juga efek kejut ala ‘upik abu yang berubah jadi cinderela’nya Budi tidak sebesar Susan. Tapi bagaimanapun kita beruntung talent-talent seperti Budi ini bisa tampil di TV nasional dan mendapatkan apresiasi yang baik.

Comments