Julian Assange - Menantang Pemerintahan Dunia

Julian Assange adalah pendiri Wikileaks (2006), web whistleblower yang mengegerkan karena dokumen-dokumen rahasia yang dikeluarkannya. Ia menduduki peringkat pertama dari kandidat Time Person of The Year 2010 bersaing dengan Lady Gaga.

HITBSecConf2009 Kuala Lumpur, Malaysia


Wikileaks mulai dikenal ketika bulan April 2010 mengeluarkan video insiden 2007 ketika tentara Amerika membunuh warga sipil Irak di website Collateral Murder. Bulan Juli Wikileaks mengeluarkan Afghan War Diary yang berisikan lebih dari 76.900 dokumen tentang perang Afhgan yang sebelumnya tidak tersedia untuk publik. Bulan Oktober group ini mengeluarkan paket berisi lebih dari 400.000 dokumen yang disebut Iraq War Logs. Wikileaks dijabarkan sebagai ‘Wikipedia tidak bersensor untuk analisis dan pembocoran dokumen massal yang tidak tertelusuri’. Dirancang sebagai drop box digital situs ini adalah tempat dimana setiap orang bisa posting informasi sensitif secara anonim.

Sebelum dikenal sebagai jurubicara Wikileaks dia adalah seorang mahasiswa fisika dan matematika, hacker dan programer komputer. Masa lalunya sendiri kabur. Diyakini sekarang berusia 37 tahun, warga Australia ini orang tuanya menjalankan bisnis bioskop keliling dan kabarnya dia berpindah-pindah sekolah hingga 12 kali. Tahun 1980 dia pernah didakwa bersalah karena meng- hack komputer-komputer beberapa perusahaan dan universitas dengan modem untuk mentes kebocoran sekuriti mereka. Tahun 1997 dia membantu menemukan sistem enkripsi untuk Linux yang dia maksudkan ‘sebagai alat untuk pekerja bidang HAM yang membutuhkan proteksi untuk data sensitif di lapangan'.

Assange sangat berhati-hati sampai pada taraf paranoid, selalu dilindungi bodyguard dan punya tempat bersembunyi di Swedia, Afrika Timur dan Iceland. Dia sedikit membawa barang dalam perjalanan supaya selalu berada didepan lawannya. Rekannya menggambarkan dia sebagai “Orang aneh – agak nomadis. Dia muncul hanya dengan ransel dan saya curiga cuma itu yang dia punya”

Pengoperasian Wikileaks sendiri diliputi kerahasiaaan. Situs ini tidak punya markas, dan diyakini dijalankan oleh lima orang investigator yang dipekerjakan untuk menilai dan memverifikasi dokumen. Dokumen-dokumen ini diperkirakan di upload di Swedia dengan server-server di seluruh dunia ‘mencermini’ situs ini. Struktur desentralisasi ini membuat wikileaks sukar dilumpuhkan.

Bulan agustus 2010 Assange terlibat dalam kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual yang dilaporkan dua orang wanita di Swedia. Tetapi penyelidikan dihentikan karena kurang bukti. Assange mengatakan ini adalah jebakan yang dilakukan oleh musuh-musuh Wikileaks. Assange meyakini CIA ingin menghabisinya dan mempertimbangkan untuk mengajukan suaka politik ke Swiss dan memindahkan server wikileaks kesana agar bisa beroperasi dengan aman.


Assange mengehentikan wawancaranya dengan CNN ketika reporter Atika Shubert menanyakan mengenai permasalah hukumnya. Menariknya ternyata sang reporter yang banyak dikecam karena wawancara ini keturunan Indonesia.

Assange medapatkan Amnesty International Media Award 2009 karena mengekspos pembunuhan di Kenya. Juga Economist Index on Cencorship 2008, Sam Adam Award 2010. Pada September 2010 terpilih sebagai no 23 dari 50 orang paling berpengaruh 2010 dari majalah New Statesman. Majalah Utne reader menobatkannya sebagai salah satu dari “25 orang visioner yang merubah dunia”.

sumber:
timesonline
wikipedia

Comments