Suara Mengganggu Di Telinga

Waktu itu saya mengalami gangguan ini sudah dua hari. Telinga terasa berdengung terus menerus, pendengaran jadi terganggu. Kalau ada suara mobil atau motor seperti ada resonansi didalam telinga, bikin kepala seperti ikut bergetar. Badan jadi limbung kepala keliyengan sampai saya hanya tiduran saja tidak enak badan. Sangat terganggu saya berusaha mencari penyakit ini di internet.

Dari hasil googling saya tahu penyakit telinga ini namanya tinnitus, yang masih saya harus cari adalah penyebabnya. Tapi saya sudah cenderung bahwa saya keracunan metal, entah merkuri atau timbal yang gejalanya juga meliputi tinnitus.




Sekitar dua bulan yang lalu saya berhenti total dari krim-krim wajah buatan dokter yang sudah saya gunakan bertahun-tahun karena merasa ada yang aneh dengan badan saya. Kencing jadi sedikit, berat badan bertambah dan wajah seperti bengkak, walaupun kulit wajah halus dan pori-pori mengecil. Saya curiga krim itu mengandung bahan berbahaya, barangkali merkuri, karena beberapa kali saya coba menghentikan pemakaian badan jadi enak, kalau krimnya dipakai keluhan muncul lagi.

Jadi saya berhenti memakai krim dokter itu, dan mengganti krim malam saya dengan krim buatan perancis beli di ebay. Badan terasa enak dan wajah tidak terlihat bengkak lagi.
Sampai saya mengalami gangguan telinga ini. Saya langsung menyengka krim ebay ini pasti palsu, mengandung merkuri juga, karena saya sepertinya menahan air lagi, mengakibatkan telinga jadi infeksi. Itu teori saya yang sok tahu ini, seperti yang saya pernah dengar tentang umumnya para virgo, mereka nyebelin karena sok tahu, tapi lebih nyebelin lagi karena ternyata mereka benar.

Hal-hal yang masuk daftar tersangka saya:
· krim malam perancis
· perangkat piring gelas yang sepertinya ‘hand glazed’ dan katanya bisa mengandung timbal
· teh seduh ****** yang saya curigai mengandung timbal

Jadi saya langsung beli krim malam merk lain lagi, berhenti memakai set piring thailand, dan hanya minum air putih. Saya juga mulai meminum lagi larutan ‘apel cider vinegar’ yang saya baca bisa menyembuhkan tinnitus dari forum-forum ‘natural health’ di internet, yang sudah lama saya gak minum. Saya pikir ini masuk akal karena larutan acv sedikit diuretik menurut saya.

Waktu itu penyakit ini sudah berlangsung lima hari barangkali..

Hari Minggu kemarin, sehabis jalan pagi, coba selinya teman, keliling 2 blok di perumahan. Waktu duduk saya merasa lantai bergerak. Pejamkan mata waktu melek lagi masih saja dunia berputar. Itu serangan vertigo pertama saya seumur hidup. Saya cukup panik. Sebagai mantan mountainbiker :p ini sangat sangat mengagetkan.

Penyakit telinga ini gak bisa dianggap enteng. Tapi saya belum memutuskan untuk ke dokter, karena saya pikir tinnitus ini hanya gejala, sedangkan sumber penyakit nya belum ketemu. Percuma ke dokter kalau sumbernya belum diketahui, nanti dokter hanya meresepkan obat untuk meredakan gejala, kalau sumbernya penyakitnya tidak diketahui sama aja boong.
Saya searching lagi: kata kunci tinnitus, vertigo, poisoning. Tapi pencarian belum final, gejala keracunan merkuri sangat banyak sedangkan saya hanya punya tinnitus dan vertigo saja.

Sampai tadi malam. Seperti biasa saya main game sampai malam sambil mendengarkan radio. Selesai main game tengah malam waktu komputer dimatikan telinga berdengung keras. Seperti dengungan, lebih parah ditelinga kiri. Sambil duduk di tempat tidur saya seperti mendengar bunyi speaker waktu tadi main game, padahal komputer sudah dimatikan. Hampir tidak percaya saya sadar bahwa suara dengungan di telinga saya SAMA dengan dengungan speaker itu. Malam itu langsung saya cabut listrik komputer dan speaker. Sampai dini hari saya masih tidak bisa tidur akibat dengung di kepala.

Paginya saya berharap bangun dengan telinga normal. Tapi dengung masih ada. Saya hampir yakin 99% tinnitus ini akibat dengung speaker. Sebetulnya sudah lama komputer ini saya hubungkan ke speaker besar. Untuk menghubungkannya saya beli kabel yang salah satu ujungnya dicolokkan ke PC, ujung lainnya bercabang dua dihubungkan ke router yang nyambungnya ke ampli. Waktu pertama kali disambungkan, ada bunyi dengung, waktu diulangi dengung hilang, dan saya pikir hal ini tidak ada masalah. Menurutku sih tidak ada dengungnya. Sampai tadi malam.

Pantes.. beberapa hari ini saya sedang gila-gilaan main game railroad tycoon. Didepan PC berjam-jam sampai saya bisa menghubungkan rel kereta dari Paris ke Istambul ! pantesan kupingku budek..

Sekarang saya mau lihat beberapa hari ke depan apakah penyakit saya sudah hilang. Tapi saya sudah lebih lega bahwa krim malam perancis itu tidak palsu, saya bisa memakai piring thailand itu lagi dan minum teh lagi. Puji Tuhan alhamdulillah siapa yang sangka itu gara-gara speaker. Menyambung PC ke speaker itu juga hasil sok taunya gw juga haha.. dasar sok tau!
Nanti saya kasih kabar lagi ya update terbaru tentang telinga saya.

Note: setelah saya searching ternyata memang ada hubungan antara tinnitus dengan suara-suara elektronik di sekitar kita. Desis laptop juga bisa meyebabkan tinnitus! Baca disini


Baca juga postingan saya yang ini Tinnitus (2) karena perkiraan saya ini ternyata SALAH

Comments

ken.ayu said…
ngeri juga ya gejalanya. syukurlah kalau penyebabnya sdh ketahuan. selamet ya udah jadi orang virgo yg "lebih menyebalkan" :p ditunggu kabar selanjutnya tentang kuping sampeyan.
bude said…
hihihih.. Makasih komennya, ntar dikabar2i lagi kabar selanjutnya :))