Nenek Moyang Kita Dari Afrika

Di BBC Knowledge ada serial menarik yang judulnya The Incredible Human Journey. Filem pendidikan 5 seri ini dibawakan dengan apik oleh Dr. Alice Roberts, yang ternyata adalah penulis buku dengan judul yang sama.

Dalam serial ini, Dr Robert membawa kita berjalan-jalan ke seluruh dunia, menelusuri sejarah manusia berdasarkan penemuan-penemuan tulang belulang homosapiens dan merangkainya dalam teori perjalanan manusia yang dimulai dari Afrika pada 150,000 tahun yang lalu. Berdasarkan penemuan-penemuan arkeologis, para ahli mempunyai teori bahwa seluruh manusia apapun rasnya berasal dari Afrika dan menyebar keseluruh penjuru dunia (Out of Africa theory). Disini Dr Roberts mempunyai metode-metode menghubungkan iklim dunia pada saat itu dengan proses migrasi ini, dan membuat teori-teori arah perjalanan manusia.

Dr Alice Roberts

Dr Roberts menanam padi di Cina


Dari penelitian DNA diketahui bahwa seluruh ras manusia modern sekarang ternyata bisa dihubungkan dengan ras afrika. Jadi ras kaukasian, mongol dll semuanya asalnya dari ras afrika! Ini barangkali akan sangat menarik bagi yang meyakini agama-agama Ibrahim, bahwa seluruh manusia berasal dari pasangan Adam dan Hawa. Kalau kita menghubungkannya dengan teori dalam serial ini, berarti pasangan manusia pertama ini seharusnya rasnya afrika.

DAri jejak DNA dari berbagai ras didunia diketahui bahwa ada sekelompok kecil orang afrika yang berhasil keluar dari benua ini dan menjadi nenek moyang semua bangsa di dunia. Dr Roberts memperkirakan bahwa ini terjadi pada 70,000 tahun yang lalu, ketika iklim bumi berubah, dan gurun Sahara menghijau hanya beberapa ratus tahun lamanya. Kesempatan ini memungkinkan sekelompok manusia melintasi Afrika dan menyeberang ke jazirah Arab sebelah selatan.

Gambar-gambar menakjubkan dari tempat-tempat di seluruh dunia, dan Dr Roberts yang cantik dan pintar dengan aksen britishnya menjadikan acara ini sungguh menarik. Dia juga melakukan aksi-aksi seperti naik kereta yang ditarik rusa di Siberia, berlayar dengan rakit bambu melintasi selat Sumbawa di Indonesia dan memanjat gunung es di Amerika.

Bahkan dalam filem ini kita bisa melihat bahwa pernah ada spesies 'hobbit' alias manusia kerdil hidup puluhan ribu tahun yang lalu di Flores yang dikenal sebagai homo floresiensis. Ini cocok dengan legenda setempat mengenai Ebu Gogo (nenek pemakan segala), mahluk kecil berbulu yang tinggal di gua.



Menonton serial ini membuat kita menjadi sangat kagum dengan manusia. Manusia dalam usahanya untuk bertahan hidup dalam keterbatasan teknologi dan sarana, mampu melakukan perjalanan dan menetap di seluruh penjuru dunia, beradaptasi dan menjadi bersuku-suku dan berbangsa-bangsa. Bahkan dalam perjalanan nya ini homo sapiens pernah hidup berdampingan dan sejaman dengan neanderthal, spesies manusia lain di Eropa. Wah.. jadi teringat buku The Hobbit nya Tolkien, ketika dibumi didiami oleh berbagai macam jenis selain manusia: hobbit, peri, orang kerdil, penyihir...

Comments