RIP: Amy Winehouse

Kaget juga waktu denger Amy Winehouse meninggal(14 September 1983 – 23 July 2011). Menyayangkan, tapi sebetulnya gak begitu kaget. Polisi menyatakan penyebab kematiannya belum diketahui, masih dalam penyelidikan. Sumber terdekat mengatakan kematiannya akibat kejang-kejang, bukan akibat overdosis.

Amy Winehouse salah satu penyanyi favorit, lagu-lagunya campuran R&B, soul dan jazz seperti Back in Black, Rehab, memang terkesan gelap, sinis dan apatis. Pertama mendengarkan suaranya salah sangka dikira penyanyi kulit hitam, ternyata penyanyi Inggris ini bule. Suaranya khas, unik, dengan lirik jujur yang depresif. Suaranya dibandingkan dengan Sarah Vaughn dan Macy Gray.

Amy Winehouse - Coachella 2007


Kesuksesannya diraih setelah album keduanya Back in Black 2006, mendapat 5 Grammy pada 2008, satu-satunya musisi Inggris yang mendapat grammy sebanyak itu di Amerika dan tercatat di Rekor dunia Guiness. Ironisnya waktu pembagian Grammy visanya ditolak kemungkinan karena ditangkal akibat catatan kriminalnya : kepemilikan ganja di Norway, menyerang pemilik pub, menyerang dua orang lelaki subuh-subuh, video sedang memakai crack. Akhirnya penampilannya di Grammy menggunakan teleconference. Dalam masa-masa buruk ini live shownya di Eropa banyak dibatalkan dan penampilannya memalukan karena mabuk.


Amy Winehouse yang keturunan Yahudi ini punya ciri khas dalam fashion, dia selalu memoles matanya dengan eye liner tebal model mata kucing, sasakan sarang lebah dan sepatu balet (pumps). Dalam hari-hari terburuk pengaruh narkobanya dari tahun 2007 hingga kematiannya badannya kurus sekali dan perutnya membuncit menyerupai orang kurang gizi, dan tampak jarang mandi. Diblognya Perez Hilton pernah memohon-mohon agar ayah Amy Winehouse memaksanya masuk rehab, seperti juga kepeduliannya terhadap Britney Spears dan Lindsay Lohan dihari-hari terburuk mereka.

Kematian Winehouse ini menambah daftar artis-artis yang meninggal diusia 27 tahun (Club 27): Jimy Hendrix, Jim Morison, Janis Joplin, Curt Cobain dll, hampir semuanya akibat narkoba.

Lirik lagu Rehab:
They tried to make me go to rehab but I said 'no, no, no'
Yes I've been bad but when I come back you'll know know know
I ain't got the time and if my daddy thinks I'm fine
He's tried to make me go to rehab but I won't go, go, go

Bye bye Amy, semoga lebih bahagia disana...

sumber
wikipedia
dailymail

Comments