Septian, Disainer Trek Sepeda

Lajang chubby berusia 23 tahun ini bernama Septian Hermansyah asal Bandung (ini fbnya). Dia mulai bermain sepeda BMX sejak tahun 2006.  Setelah berkenalan dengan dirtjump dan MTB, BMX ditinggalkannya. Pada awal tahun 2011 Septian diajak oleh seorang senior membuat trek di Longhorn Bikepark di Cidokom Bogor. Setelah itu dia juga membuat pump, trail dan dirt jump track di Ancol.



Trek 4 cross di Gear Bikepark di Katumiri yang baru diresmikan hari Minggu kemarin oleh wagub Jabar Dede Yusuf juga merupakan hasil karyanya. Menurut Septian trek ini lebih ideal karena lebih panjang (350 meter, Longhorn hanya 180 meter), double jumpnya lebih besar dan aman, obstacles (rintangan) nya lebih bervariasi: ada step up, rock garden, bridge, trap-trap dll. Track dirtjump di Gear Bikepark ini juga pertamakalinya di Indonesia dengan drop start setinggi dua meter.

 

Wagub Jabar, Rizal Brasco dan Septian

Pembuatan track ini membutuhkan waktu sebulan dengan satu buah alat berat backhoe. Pembentukan trek kira-kira seminggu tapi butuh waktu cukup lama untuk pemadatan dan pengerasannya. Panjang trek 350 meter, lebar 6 meter dengan tinggi start 3 meter.

Untuk pengetahuan tentang pembuatan trek dan disain dia googling internet dan acapkali dibantu dengan google translate. Septian melihat-lihat web tentang disain trek, cara membuat trek, cara membuat rintangan seperti step up, alat-alat yang dibutuhkan dlsb. Dalam mendisain trek juga tidak bisa dilupakan lubang-lubang drainase agar trek tidak becek. Perawatan trek antara lain: penyiraman setiap hari (supaya tanahnya padat), pencabutan rumput.


Proses disainnya kira-kira seperti ini:
1. Melihat lokasi
2. Menandai titik-titik untuk obstacles
3. Menggambar/disain
4. Pelaksanaan dengan penyesuaian-penyesuaian dari disain awal supaya sesuai dengan lokasi di lapangan 

Sepeda 4 cross sendiri spesifikasinya: hard tail (walaupun bisa juga dual suspensi) dengan model frame sloping, single gear untuk depan, belakang multi gear seperti biasa, suspensi depan sekitar 100 mm, ukuran ban sedang. Standar perlengkapan proteksinya adalah helm dan pelindung lutut.

Septian sendiri sekarang mendapat sponsor untuk downhill dari Mahaka Cycling, sedangkan untuk dirtjump disponsori oleh 14AB (Black Market dan Deity bike).  Biasanya para pencari talent ini hadir dipertandingan-pertandingan sepeda untuk mencari atlet untuk disponsori.


Untuk PON 18 di Riau thn 2012 mendatang Septian meminta doanya karena sedang dalam proses pinangan dengan pemda Banten sebagai atlit downhill. Rencana selanjutnya pemuda ini ingin membuat track dual slalom yang ideal, bahkan ingin membuat trek slopestyle dirt jump yang belum pernah dibuat sebelumnya di Asia sekalipun.

Kita tunggu kiprah Septian selanjutnya dalam olahraga sepeda dan disain trek.  Semoga olahraga sepeda semakin populer di Indonesia dan semakin banyak atlit-atlit Indonesia yang berprestasi didunia.

 Foto-foto dari: fb Septian Hermansyah dan fb Budhi Achonk

Comments