Cara Melakukan Pedicure Sendiri

Tahukah kamu bahwa kita hidup dinegara tropis beruntung banget karena bisa pakai sepatu terbuka / sandal sepanjang tahun? Bahwa orang-orang dinegeri 4 musim tidak bisa pakai sandal sepanjang tahun karena kalau nekat memakainya di musim dingin bisa kena frostbite dan akibatnya jari-jari harus diamputasi?

Karena itu rawatlah kaki anda supaya tidak memalukan kalau memakai sepatu terbuka. Kalau kita perhatikan kuku-kuku orang disekitar kita, bersedihlah para pedicurist melihat kuku-kuku kaki dengan pojok menghitam, jempol yang bengkak meradang, tumit yang retak-retak menghitam…


Gambar dari sini

Malahan, ada juga teori para refleksiolog yang menghubungkan kesehatan kaki dengan kesehatan badan secara keseluruhan, semakin yakinlah kita bahwa kecantikan kaki juga mencerminkan kesehatan badan… ehm lebay.

Buat cewek maupun cowok yang ingin kakinya bersih dan wangi, kaki harus dirawat rutin, seenggaknya sebulan sekali. Perawatan kaki ini namanya Pedicure, asal kata dari… search aja sendiri deh

Peralatan dan produk yang harus disiapkan:
1. Gunting kuku
2. Kikir kuku
3. Tusuk gigi beberapa buah
4. Tisue
5. Sikat kuku
6. Batu apung
7. Buffer kuku
8. Cutex remover
9. Krim
10. Scrub
11. Lotion

Oh ya, untuk yang suka dirawat di salon saya sarankan bawa sendiri gunting kukunya supaya lebih aman dari penyakit menular.

Dibawah ini langkah-langkah perawatan kuku dan kaki yang sudah disederhanakan. Bisa dikerjakan sendiri atau saling bantu dengan teman. Kalau sudah rutin mengerjakannya bisa sangat meditatif, menenangkan pikiran. Kalau kaki sudah bersih cantik, pikiran jadi tenang dan hati plong :)

1. Bersihkan Kuteks dengan remover. Ini untuk yang pakai kuteks. Kalau nggak, langsung ke nomor 2.

2. Gunting Kuku. Saya sarankan pake gunting kuku ukuran besar yang terbuat dari stainless steel. Ukuran kecil gak berguna. Merek 777 udah cukup bagus. Kuku digunting pojoknya jangan terlalu pendek, diatas batas tumbuh kuku sedikit. Untuk bentuknya mau kotak atau oval terserah. Kalau kamu puya masalah jari-jari kaki berbentuk buntet-buntet dan bengkak, itu diakibatkan memotong kuku terlalu pendek, jadi kuku tumbuh kedalam daging, akibatnya jari-jari kamu jadi bengkak. Panjangkan sedikit sudutnya, jangan dipotong lagi.

Kuku yang dipotong terlalu pendek menyebabkan jempol bengkak

Gambar dari sini

3. Kikir Kuku Setelah digunting kuku dikikir supaya pinggirannya tidak bergerigi. Gerakkan kikir searah, juga pojokan kuku supaya bentuknya lebih bulat dan halus.

4. Oleskan krim diatas dan sekeliling kuku Krim apa saja boleh. Mau viva skinfood, nivea, oriflame, bodyshop .. kalau tidak ada krim lotionpun jadi. Lebih bagus kalau pakai cuticle cream.

5. Dorong kutikula. Kutikula adalah kulit mati disekitar kuku. Dorong kutikula dengan tusuk gigi supaya garis senyum “ )” kuku tambah lebar. Bisa juga pakai pendorong kutikel dari logam. Kutikula ini didorong kebagian tumbuh kuku gunanya supaya permukaan kuku bersih pinggirannya tidak ada kulit mati. Ini membantu kalau nanti akan pakai kuteks, permukaannya akan halus tidak bergelombang. Beberapa orang menggunting kutikula ini dengan pemotong kutikel, tapi saya tidak menyarankan, karena nanti kalau tumbuh malah tambah tebal.

Pendorong kutikel kayu. Bisa pakai tusuk gigi
Gambar dari sini

6. Bersihkan bawah kuku. Pakai tusuk gigi karena sekali pakai buang. Korek kotoran disela-sela kuku, dipojok-pojoknya sampai bersih.

7. Gunting kulit tanduk dipojokan kuku. Kalau ada kulit menebal disekitar pojokan kuku boleh digunting sedikit dengan gunting kuku.
8. Scrub. Scrub/lulur dengan scrub apa saja. Sekarang banyak lulur mandi disupermarket, itu bisa dipakai. Oles punggung kaki, telapak kaki, jari-jari dan sela-sela jari dengan scrub. Gosok sampai bersih.

9. Rendam kaki dibaskom air hangat. Boleh diberi sabun cair sedikit. Sikat permukaan kuku, bagian bawah kuku, telapak kaki, dan tumit. Gosok tumit dengan batu apung. Kalau punya parutan tumit merek credo boleh juga dipakai. Untuk yang punya kapalen bisa pakai silet khusus merk Credo. Maaf ngiklan, tapi ini sepertinya ini merek terbaik yang ada disini.

10. Keringkan telapak kaki dengan handuk kecil.

11. Buffer kuku. Ini pengilat kuku dengan cara mekanis. Kuku jadi mengkilat alami.

12. Pakai lotion.  Pijat-pijat telapak kaki, jari-jari dan punggung kaki.

13. Pakai kuteks kalau mau. Jangan lupa pakai kuku dilap untuk menghilangkan lotionnya. Kuteks bening dulu, baru kuteks warna, terakhir kuteks bening lagi. Kalau kuteks sudah berumur seminggu dan hilang kilaunya, tinggal dioles kuteks bening supaya hidup lagi warnanya !

Enak kan? Sekarang boleh pakai sepatu sandal kesayangan dengan bangga.  Untuk yang punya masalah tumit retak-retak, setiap malam kalau mau tidur kaki dioles krem lalu tidur pakai kaus kaki.  Semoga membantu.

Comments