Peluang Bisnis Toko Online Betulan Belum Digarap Serius

Buat yang sering belanja online biasanya kita melakukan hal-hal ini: melihat-lihat produk di facebook atau kaskus, setelah itu kalau berminat kita biasanya kirim komen, menunggu jawaban penjual, transfer uang, kirim message lagi, lalu menunggu pesanan datang.  Hal ini berlaku hampir di semua toko online termasuk tokobagus.com atau barang-barang tanah abang, entah itu tanahabangonline.com, bursatanahabang.com, tanahabang.com.

 


Belum ada toko online 'betulan' seperti target.com, zappos.com atau payless.com, menurut saya.  Sampai hari ini saya melihat iklan zalora.co.id.  Zalora yang kabarnya meniru zappos, sudah mulai berjualan di Malaysia dan Thailand terlebih dulu sebelum mulai di Indonesia.

Tidak seperti tokobagus yang mengumpulkan berbagai macam penjual diwebnya (seperti ebay), zalora adalah toko yang mengumpulkan produk-produk tertentu dan dijual diwebnya.  Produknya dibagi untuk pria dan wanita, untuk wanita ada sepatu, pakaian, aksesoris dan produk sale.  Yang paling menarik menurut saya adalah sistem pembayarannya, online langsung seperti kalau kita belanja di amazon.  Kita bisa membayar dengan visa, mastercard, transfer bank BCA, Mandiri atau paypal.  Mereka menjamin keamanan pembayaran dengan sertifikasi enkripsi dari Verisgn.  Yang menarik juga mereka memberikan jaminan barang boleh dikembalikan dalam 30 hari, biaya pengiriman gratis ke seluruh Indonesia atau Cash on Delivery.  Mereka juga bekerjasama dengan Gojek, delivery ojek.

Setiap produk bisa dizoom dengan menggerakkan mouse diatasnya,  terdapat panduan untuk mengukur ukuran badan atau kaki kita, FAQ dan kamus fashion.

Merek-merek yang ditampilkan di zalora ini merk luar negeri semua (dan buatan Cina), walau saya pikir ada beberapa merek Indonesia yang sudah ekspor seperti Pretty fit.  Harga sepatu mulai dari Rp 199.000 tapi yang paling dahsyat harga jinsnya yang mulai dari Rp 799.00 sampai berjuta-juta.  Kekurangan zalora ini adalah namanya yang susah dihafal, saya selalu lupa za - lo - ra.

Saya cukup heran belum ada perusahaan fashion retail Indonesia yang menjajaki bisnis online ini.  Metro departement store, Matahari ataupun Toko Yogya setahu saya belum memiliki toko online seperti ini, padahal ini merupakan pangsa yang sangat besar dan menjanjikan.  Belum lagi peluang untuk menjual kosmetik seperti sephora.com.  Tentu mudah sekali bagi mereka yang sudah biasa dibisnis retail untuk meluaskan pasar dengan cara berjualan online.

Anggap saja buka satu outlet lagi, sangat mudah karena tidak perlu tokonya, hanya gudang yang tertata rapi.  Barang-barang harus betul-betul dipilih dengan cermat oleh stylist yang handal.  Hanya menyediakan barang yang ukurannya sesuai standar, dihitung stoknya setiap hari, menyediakan kemudahan untuk mengembalikan /menukar barang yang sudah dibeli.  Berbelanja online tentu berbeda dengan berbelanja langsung, sehingga panduan ukuran harus disepakati baik bagi konsumen maupun produsen.

Yang paling berpeluang untuk bisnis online menurut saya terutama untuk target market perempuan, yaitu industri fashion dan kecantikan.  Selain keamanan situs, yang harus diperhatikan adalah kebutuhan khusus perempuan.  Sepatu dengan nomor dan warna yang lengkap merupakan keharusan untuk bisnis sepatu online yang mau tumbuh besar.  Beberapa orang mengalami kesulitan dengan ukuran kaki yang 'spesial' sehingga seharusnya bisnis online membantu dalam hal ini.

Comments