Hari Gini Dapat Banyak Buku Gratis?? Nih Caranya!


Saya sudah pakai HP android setahunan lebih, lumayan juga sangat membantu aktifitas sehari-hari.  Biasanya kamera dipakai untuk menjepret property untuk listingan, sering juga buat baca berita atau tengok-tengok twitter.  Kalau dapat wifi gratis baru deh download game.

Baru kemarin-kemarin saya ketemu aplikasi e book Aldiko setelah iseng-iseng browsing google play.  Saya download Aldiko app karena paling popular diunduh.  Sebetulnya saya pikir ini hanya aplikasi pembaca e-book saja.  Ternyata di feedbooks store selain kategori 'best sellers' dan 'new releases' juga ada kategori 'free books'.  Disini buku gratis ini terbagi lagi jadi 3 kategori yaitu Store, Public Domain Books dan Original Books.  Di Store bisa didapat buku-buku yang harganya 0 USD alias gratis.   Yang saya paling suka di bagian Public Comain Books itu isinya buku-buku klasik yang waktu jaman kecil dulu sering beli di Gramedia.  Buku-buku ini biasanya diterjemahkan (dan diringkas), misalnya seperti judul-judul Huckleberry Finn, Oliver Twist, Kisah Dua Kota (A Tale of Two Cities), Robinson Crusoe, Treasure Island , Moby dick, Sherlock Holmes dan lain-lain.  Untuk sastranya ada buku-buku Virginia Woolf, Paulo Coelho, Tolstoy, Kafka, Gogol, dll.  Buat yang suka cerita misteri ada Agatha Christie, Conan Doyle, Allan Poe, dll.

Buat para kutubukuer ini betul-betul seperti surgaa… lebay ehm.  Seperti punya perpustakaan sendiri, gak usah kemana-mana.  Buku-buku sastra lama ini boleh didownload gratis, judul-judulnya misalnya: The Great Gatsby, Romeo and Juliet, Pride and Prejudice, Kama Sutra, Dracula, The Art of War (Sun Tzu), Grimms Fairy Tales, Les Miserables, Hamlet, Treasure Island, Anna Karenina dlsb dlsb.  Untuk yang suka bisa juga download terjemahan Qurannya Rashad Khalifa (langkaa, hanya untuk peminat khusus), Teori relativitasnya Einstein, On the Origin of Species nya Darwin, Kahlil Gibran, Machiavelli, Freud, Meditation nya Marcus Aurelius, Republic nya Plato, Divine Comedy nya Dante atau Iliad nya Homer yang ditulis tahun 900 SM!

Dengan aplikasi ini ebook yang sudah diunduh mudah untuk dibaca.  Permulaan buku ada cover, judul dan pengarangnya, daftar isi, bab, no halaman dll, kalau mau balik halaman tinggal swipe layar saja.  Ukuran tulisan, kesilauan bisa diubah sesuai keinginan.  Ada juga fasilitas untuk buat catatan dan highlights (ini untuk aldiko premium alias berbayar).  Kita juga gak usah khawatir untuk menandai buku ini karena dia akan terbuka di halaman kita terakhir membacanya.

Kekurangan yang paling besar untuk kita adalah bahwa buku-buku ini semuanya dalam bahasa Inggris.  Barangkali itu bisa jadi keuntungan karena sekalian kita bisa belajar bahasa inggris pasif.   Juga untuk mendownloadnya tentu saja menyedot pulsa anda, jadi sebetulnya gak gratis-gratis amat ya.. tapi kalau sedang di area wifi gratis tentunya jadi gratis kan?  OK tunggu apalagi ayo sedoooot!!

Comments