Tape Ketan Hitam

Jangan takut untuk membuat tape ketan hitam sendiri, mudah kok. Kalau beli saya ragu dengan keasliannya, takut dicampur bahan yang seram-seram.

Bahannya mudah.   Pastinya ketan hitam. Ketan hitamnya minta yang khusus untuk dibuat tape, harganya sekitar 20 ribu per kilo.  Lalu ragi tape ketan.  Belinya sama di tukang beras juga.  Biasanya diberi tahu dosis raginya. Yang saya pakai 1 tablet besar untuk 2 kg. Berhubung saya akan membuat 1/2 kg saja, tablet ragi kita bagi 4.  Lalu beli juga daun pisang 1 lembar saja.  Untuk wadahnya saya pakai tampah tradisional yang kecil.

Bahan:
1/2 kg ketan hitam
1/4 tablet ragi ketan

Langkah Kerja:

1.  Cuci ketan hitam sampai bersih.    Masak di rice cooker dengan takaran air dilebihkan daripada memasak nasi,  sekitar 3 cm diatas ketan hitamnya.



3.  Sesudah matang cek kematangannya. Kalau masih keras tambah dengan air 1 gelas lalu pencet tombol on rice cooker sekali lagi.

4.  Dinginkan ketan dengan diaduk-aduk.  Boleh juga disimpan di wadah yang lebar dan datar supaya cepat dingin.

5.  Lap daun pisang.

6.  Haluskan ragi.  



7.  Taruh 1/2 ketan di wadah yang sudah dialasi daun pisang.  Sebar 1/2 ragi menggunakan sendok kecil secara merata.  Lapisi lagi dengan sisa ketan, lalu taburi sisa ragi diatasnya.  Tutup dengan daun pisang sampai rapat.



8. Simpan di tempat gelap dan hangat selama 2 malam.  Kalau saya simpannya didalam oven.  Jangan dibuka-buka! 



Nanti kalau sudah jadi saya posting lagi foto-fotonya :)

OK, sudah 2 malam ketan hitam diperam, hari ini kita buka.  Ini penampakannya.



Permukaan ketan sudah ditumbuhi jamur.  Kalau dilihat bagian dalamnya tampak basah dan mengkilat.  Pindahkan ke dalam wadah bertutup.  Karena kemarin dulu membuatnya sore dan saya membuka tape ini pagi-pagi, ketan ini rasanya masih manis, belum berubah jadi tape.  Karena itu setelah diaduk dan disimpan di wadah, simpan di suhu ruang, karena proses pemeraman masih terus berlangsung. Sore tape ini tambah berair dan rasa tapenya mulai terbentuk.   


Comments

Mbak mita yang perna nulis diblok masala telinga mendengung ya....saya mau sharing dengan mbak masalh obat yang mbak maksud ini nomor saya mbak 082155633580 saya berharap mbak bisa cepat sms saya biar saya bia menghubungi mbak.
Saya sangat berharap mbak mita bisa sms saya secepatnya....