Tips Lancar Berpuasa Kantong Keresek


Bukan nyombong tapi saya sudah menerapkan puasa kantong plastik (baru) selama beberapa tahun terakhir. Untuk konsisten melakukan ini memang perlu sedikit usaha. Berikut tips dan pengalaman saya berpuasa menerima keresek baru.  Semoga membantu buat yang sedang mau melakukannya berhubung nanti kalau belanja kantong kereseknya harus beli walau cuma Rp200 pun.

1. Selalu bawa tas kain belanja andalan kamu. Mau pergi naik angkot, motor atau mobil selalu bawa kantong kain belanja. Kita tidak akan tahu hari ini bakal beli sesuatu di mini market atau tidak.

2. Masukan beberapa keresek bekas di dalam kantong kain. Belanjaan tetap bisa di pisah pisah kalau kita membeli deterjen dan makanan.

3. Kalau kamu betul betul berkomitmen siapkan lebih dari satu kantong kain terutama untuk belanja bulanan karena percayalah coba saja hitung berapa buah keresek yang kamu bawa pulang terakhir kamu belanja bulanan.

4. Untuk yang tidak punya kantong kain tidak usah ciut lalu jadi ga jadi puasa kereseknya. Bawa keresek besar yang bekas di isi dengan beberapa keresek kecil bekas di dalamnya. Lipat rapi dan masukkan ke dalam tas.

5. Untuk yang suka belanja ke pasar tradisional sama saja triknya. Masukkan keresek kecil bekas di dalam keranjang belanja atau tas kain belanja.

Sebagai peringatan hal ini selain agak merepotkan kita juga merepotkan penjual karena pedagang sudah otomatis memasukkan belanjaan kedalam keresek.  Jadi sebelumnya sudah siapkan keresek bekas lalu ingatkan pedagang untuk memasukkan belanjaan kedalam keresek bekas.  Kalau terlambat dijamin pedagang malas untuk memindahkan belanjaan kedalam keresek bawaan kita.

Bisa juga sih langsung masuk semua ke dalam tas belanja cuma sayur mayur bakal bercampur dan berserakan di dalam tas nanti kalau sampai rumah repot lagi memisahkannya.

Juga saya peringatkan bahwa perlu usaha ekstra untuk mencari-cari keresek didalam kantong belanja untuk di sodorkan kepada tukang sayur.

Saya punya pengalaman waktu nawar tukang sayurnya bilang "ga ngaruh bu bawa keresek sendiri harganya sama aja". Helo....buat saya juga ga ngaruh mau bawa keresek sendiri atau tidak hobi nawar ya tetap aja.

6. Siapkan mental (dan energi lebih). Kadang saya sudah selesai belanja di super market mau antri di kasir baru sadar kalau kantong kain ketinggalan di motor. Untuk itu sediakan kesabaran dan energi dan waktu lebih untuk mengambil dulu kantong kain di parkiran baru balik lagi ke toko.

Siap siap juga untuk menerima perlakuan kasir yang tampak agak jijik dan enggan untuk memasukkan belanjaan ke dalam Keresek bekas.

Kasir yang sudah terlatih otomatis memasukkan dan memisahkan belanjaan ke dalam keresek kadang sedikit kesal ketika harus memasukkan belanjaan ke dalam kantong kain karena barangkali merusak alur kerjanya dan membuat waktu servis nya bertambah.

 7.  Kantong kain buat atau beli yang ukurannya cukup besar.  Kalau kecil percuma nanti belanjaan tidak muat akhirnya tetap pakai keresek baru.

8.  Supaya lebih menyeluruh gaya hidup anti keresek baru, mulai sekarang tidak usah membeli keresek untuk disimpan dirumah.  Simpan keresek bekas dengan rapi, dilipat dan digepengkan.  Yang berukuran besar bisa untuk melapis tempat sampah.  Kurangi membuang keresek.  Saya pribadi hanya membuang keresek bekas daging/ayam/ikan selain itu dibilas lalu digantung untuk nantinya dilipat dan disimpan.

Okey itulah tips dan hack untuk mulai berpuasa memakai keresek baru.  Ingat keresek bukan jadi musuh, malahan harus kita sayangi, dicuci, dijemur dilipat dan disimpan.  Kalau sudah bolong baru deh dibuang.

Gambar dari flickr

Comments