Yuk Buat Roti Tawar Sendiri




 Buat roti tawar sendiri ternyata gampang lho. Memang roti tawar harganya murah ngapain juga buat sendiri? yah untuk memberi makanan yang lebih sehat tanpa pengawet untuk anggota keluarga, juga untuk menambah ketrampilan kita dalam hal per 'roti' an.  Selanjutnya tinggal dimodifikasi sedikit kalau mau buat roti manis, roti isi, bakpao atau pizza.

Sebetulnya pakai mixer bisa lebih cepat, tapi saya lebih suka pakai tangan karena mixer saya tidak khusus untuk roti.  Kalau pakai adukan roti yang berbentuk spiral, adonannya masuk masuk kedalam lubang mixer, hal yang sungguh bikin kesal dan saya takut mixernya jadi rusak.  Jadi sebelum punya mixer yang ada pelindung lubang saya lebih pilih uleni pakai tangan.

Oh ya sumber resepnya dari sini taste of home.

Peralatan:
oven
cup atau cangkir
mangkok besar alias baskom
loyang persegipanjang
sendok kayu
Permukaan konter dapur yang bersih.

Bahan:
1 cup air hangat
1 sdt ragi instan / fermipan
1 1/2 sdm gula pasir
1/2 sdm garam
1 sdm minyak goreng
3 cup tepung terigu all puspose atau yang khusus untuk roti (cakra).

Caranya:
1. Jangan lupa cuci tangan terlebih dulu dengan sabun.  Masukkan air hangat (suam kuku, jangan terlalu panas) ke baskom/mangkok.  Masukkan garam, gula, ragi dan minyak goreng.  Diamkan selama 3 menit sampai keluar buih di permukaan air, tandanya ragi masih bagus jadi proses bisa kita lanjutkan.



2.  Masukkan tepung terigu secangkir dulu, Aduk aduk dengan sendok kayu.  Masukkan lagi cangkir ke dua aduk aduk terus.

3.  Tuang setengah cangkir tepung dipermukaan meja dapur.  Tuang sedikit sisa tepung kedalam baskom, jangan dihabiskan semuanya.  Pindahkan isi campuran ke permukaan meja dapur.

4.  Mulai uleni campuran ini dengan tangan.  Tambah tepung sesendok makan kalau masih lengket di meja.  Uleni terus, kalau masih lengkat tambah dengan tepung lagi sesendok demi sesendok.  Biasanya 3 cup ini sudah cukup untuk menghasilkan adonan yang tidak lengket tapi tidak kering.  Uleni terus sampai adonan roti terlihat halus dan kadang mengeluarkan udara (seperti kentut..maaf).

5.  Kalau sudah halus simpan adonan roti di baskom yang bagian dalamnya sudah diolesi minyak goreng.  Tutup dengan tutup panci dan diamkan kurang lebih sejam sampai mengembang dua kali lipat.



6.  Siapkan loyang, oles semua sisi dalam dengan minyak goreng.

7.  Siapkan permukaan meja dapur dengan taburan tepung terigu sedikit.  Tinju adonan tepung yang sudah mengembang, pindahkan ke permukaan meja.  Bentuk adonan menjadi persegi panjang dengan tebal kurang lebih 1 cm, boleh pakai rol kayu.  Taburi tepung juga dibagian atasnya supaya atidak lengket ke rol kayu.



8. Gulung adonan lalu masukkan ke dalam loyang.  Simpan dibawah baskom besar supaya tidak kering kurang lebih sejam sampai adonan naik sekitar 2 - 3 cm dari pinggir loyang.


9.  Panaskan oven di 200 C selama 15 menit.  Masukkan adonan dan panggang selama 35 menit.
10.  Roti sudah matang! harum dan lembut dan yang terpenting ... buatan sendiri !


Yang ini sebelum masuk oven di kerat kerat dulu pakai ujung pisau supaya mekarnya teratur.

Comments