Keajaiban Akumulasi

Gambar dari sini
Akumulasi menurut KBBI berarti  pengumpulan, penimbunan atau penghimpunan. Untuk yang biasa menulis laporan keuangan pasti tahu, itu adalah jumlah yang terkumpul hari itu, dijumlahkan dengan hari kemarin, sejak awal bulan. Misal akumulasi penjualan pada tanggal 5 adalah penjumlahan dari penjualan tanggal 1 s/d 5; kira kira begitu.

Mengapa akumulasi ajaib? karena jika teori akumulasi ini diterapkan dalam segala aspek dalam kehidupan, hal itu bisa merubah hidup anda.

Akumulasi hal hal kecil dalam hidup ternyata membentuk kehidupan itu sendiri. Akumulasi hal yang negatif, bisa dipastikan menjadikan hidup anda sengsara, menyedihkan, secara umum kualitasnya kurang baik. Sebaliknya akumulasi hal positif akan menjadikan hidup anda menyenangkan, sehat, sejahtera, bisa disimpulkan secara umum lebih baik.


Mengapa?

Karena akumulasi itu.  Pepatah dahulu mengatakan: sedikit demi sedikit, lama lama menjadi bukit.  Wooow betapa peribahasa itu sangat tepat dan betul sekali.  Coba saja diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Misalnya anda sudah merokok selama bertahun tahun. Coba hitung harga rokok yang telah anda bakar dari tahun pertama mulai merokok sampai sekarang.  Berapa jumlahnya? Besar kan? Itu dari sisi keuangan.  Sekarang dari segi kesehatan.  Bagaimana kondisi paru paru anda sekarang? Apakah pernah dicek? Bagaimana kondisi gigi? Atau kondisi kulit disekitar mata dan bibir? Warna putih mata? Gusi? Kuku tangan? Tekanan darah? Berdahak setiap pagi?

Pernah membaca kisah sepasang suami istri dari Mojokerto yang menyimpan uang koin selama bertahun tahun didalam botol aqua galon? Mereka bisa menyimpan koin hingga senilai 60 juta rupiah. Itulah hebatnya akumulasi.

Kini setelah menyadari kehebatan akumulasi, kita bisa mulai menata hidup supaya lebih baik berdasarkan hal itu. Akumulasi ini bisa mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Mari kita coba bahas satu persatu.

Finansial

Kehebatan akumulasi bisa dilihat dalam hal finansial. Dari jaman dahulu kala semua orang sudah bilang, 'sedikit demi sedikit, lama lama menjadi bukit'.  'Bang bing bung yuk kita nabung'. Usahakan menyimpan sebagian dari pendapatan untuk menabung, setiap bulan jika pendapatan anda bulanan, atau setiap anda mendapatkan keuntungan jika dari usaha.

Tabungan bisa digunakan untuk uang muka jika kita ingin membeli sesuatu secara kredit, entah itu kendaraan atau rumah. Bahkan anda bisa membeli sesuatu tanpa kredit jika tabungan anda sudah banyak! Selain itu jika kita mau mulai berinvestasi, kita harus menabung dulu untuk mengumpulkan uangnya. Tentu saja kita bisa membeli mobil atau rumah atau investasi jika kita 'ketiban rejeki'. Tapi sembari menunggu ditibanin rejeki, kita bisa menabung, itu lebih pasti.

Produktivitas

Dalam pekerjaan, produktivitas sangat menentukan. Bagaimanapun perusahaan senang mempekerjakan karyawan yang produktif.  Melalui akumulasi, kita bisa meningkatkan produktivitas. Datang ke kantor 10 atau 15 menit lebih awal.  Siapkan hari bekerja dengan tidak terburu buru. Batasi mengobrol ngalor ngidul, maksimal 10 menit. 

Hindari menunda pekerjaan, kerjakan yang paling mudah duluan.  Masukkan tugas sehari lebih awal, atau barangkali 2 jam lebih awal dari deadline. Jangan mengulur waktu istirahat. Jika semua daftar diatas terlalu sulit, pilih satu dulu, lalu lakukan setiap hari.

Kesehatan

Studi mengatakan bahwa orang dewasa yang sehat disarankan melakukan kegiatan fisik 150 menit per minggu. Daripada melakukannya sekali seminggu, lebih baik kita melakukan akumulasi olahraga setiap hari, atau lima kali seminggu, misalnya. Saya menunggu komen: "kamu gila ya, apa saya ga ada kegiatan lain olah raga seminggu lima kali?"

OK yang dimaksud disini adalah berjalan kaki 30 menit sehari. Tidak perlu dalam sekali jalan, bisa dibagi pagi 15 menit, sore 15 menit. Itu jadi masuk akal kan? Teman saya yang ngantor setiap jam pulang kantor menyempatkan diri berjalan mengelilingi halaman kantornya yang memang cukup luas dan hijau. Atau setiap jam istirahat naik dan turun lewat tangga. Bahkan hanya sekedar mengurangi waktu duduk, bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kecantikan

Ini cukup menarik. Akumulasi bisa bermanfaat untuk kecantikan.  Pasti sudah mendengar perawatan seperti facial, lulur atau krimbath. Itu semua bermanfaat dan berefek jika dilakukan rutin. Tidak usah protes mahal dan lain sebagainya, karena kuncinya adalah: rutin. Bukan produknya, bukan salonnya.

Dikerjakan sendiri di rumah semuanya bisa.  Ya itu, tidak perlu sekaligus dilakukan semua dalam satu waktu. Minggu ini scrub wajah. Minggu depan scrub tangan dan kaki. Minggu depannya pakai krim kondisioner rambut.  Minggu depannya scrub badan.  Minggu depannya ulangi lagi dari awal. Semuanya cuma setengah jam saja. Yang penting : rutin.

Kebersihan dan Kerapihan

Di youtube banyak video video: bagaimana supaya rumah tetap rapi dan bersih. How to keep your house clean and neat and tidy. Semacam itulah.  Bisa dilihat dari video video tersebut bahwa untuk menjaga rumah tetap rapi dan bersih kita harus merapikannya setiap hari.  30 menit di pagi hari, 30 menit di malam hari.  Jangan membiarkan kekacauan menumpuk, dirapikan setiap hari sebelum menjadi kekacauan total. Itulah akumulasi.  Kekacauan sedikit demi sedikit jadi kekacauan besar. Kerapihan sedikit sedikit setiap hari menciptakan ketenangan dan kenyamanan.

OK itu sedikit contoh akumulasi dalam berbagai aspek, tentu bisa juga diterapkan dalam hal lain, misalnya keluarga, percintaan, lingkungan hidup bahkan kehidupan sosial.  Silakan ditambahkan.

Saya tidak percaya keajaiban, mukjizat dan yang serupa dengan itu.  Tidak ada kesembuhan karena mukjizat, adanya akumulasi hidup sehat setiap hari.  Tapi, sekarang saya akhirnya percaya dengan keajaiban.  Yaitu Keajaiban Akumulasi.

Semoga bermanfaat.

Comments