Kuliner Penyebab Migren

Sudah beberapa tahun ini saya menderita migren.  Pada awalnya saya tidak tahu kalau itu adalah migren.  Saya ingat pada suatu malam beberapa tahun yang lalu saya muntah sesudah makan malam karena rasa mual dan pusing luar biasa.  Setelah kejadian itu saya sering mengalami sakit kepala yang bisa berlangsung seharian bahkan sampai dua atau tiga hari.  Migren sendiri yaitu sakit kepala yang tidak simetris yang berlangsung selama 4 jam hingga tiga hari bercampur dengan mual.

headache 

Seperti biasa google menjadi perpustakaan saya untuk mengetahui lebih banyak mengenai penyakit ini.  Ini ringkasannya:

1. Penyebab migren tidak diketahui.
2. Lebih banyak diderita perempuan daripada lelaki.
3. Migren Menstruasi.  Beberapa perempuan mengalami migren sebelum, selama sampai selesai menstruasi.  Ini disebut migren menstruasi.
4. Pencetus migren.  Beberapa hal dapat dianggap sebagai pencetus migren.  Ini berbeda-beda pada tiap individu.  Pencetus antara lain: stress, lapar, puasa, kurang tidur, makanan tertentu.  Saya jadi ingat, kalau telat makan suka pusing kepala yang biasa kita bilang dengan 'masuk angin'.
5. Setelah migren.  Biasanya kalau perut terasa bergerak kembali saya tahu migren akan selesai. Ketika sedang migren  pencernaan terasa berhenti, lambung terasa penuh dan mual.
6. Pengobatannya.  Beberapa obat sakit kepala dan migren dijual bebas.  Kadang obat-obat ini manjur tapi seringkali tidak berpengaruh, apalagi kalau kemudian migren disertai muntah.
7. Diary migren.  Disarankan untuk menuliskan diary ketika migren menyerang.  Diharapkan dengan diary ini kita bisa mengetahui pola migren dan pencetusnya.  Dengan demikian kita bisa menghindari serangan migren berikutnya.

Setelah mengetahui informasi ini, walaupun saya belum pernah menulis diary migren saya berusaha untuk memperhatikan makanan yang dimakan sebelum serangan migren terjadi.  Dan dari situ saya bisa menyimpulkan bahwa beberapa makanan memang mengakibatkan migren.

Saya membuat daftar makanan dan tempat-tempat makan yang saya blacklist karena saya curigai menyebabkan migren.  Diantaranya : sate padang, mie baso, makanan padang, soto bandung, soto makasar, sop kaki, sop buntut, lontong kari, bebek goreng, teh merek tertentu dlsb.  Sebetulnya makanan yang diblacklist ini tidak berlaku keseluruhan, hanya di outlet tertentu.  Jadi sate padang kalo beli disini bikin pusing, kalau beli disana tidak.  Begitu juga mie baso dan yang lainnya.  

Ada kejadian yang cukup menarik. Setahun yang lalu kami makan direstoran bebek yang cukup ramai dan mahal di Ubud.  Malamnya ketika berusaha tidur saya merasa mual luar biasa dan lari kekamar mandi muntah sebanyak-banyaknya.  Saya tidak menghubungkannya dengan makanan karena tidak disertai pusing, hanya mual parah.  Saya pikir masuk angin habis perjalanan jauh.  Dan baru-baru ini di Bandung sehabis makan bebek goreng emperan yang rame banget itu terjadi hal yang sama.  Malamnya saya lari dari tempat tidur muntah semuntah-muntahnya.  Dari situlah saya menobatkan bebek sebagai makanan berbahaya dalam daftar saya.  Enak tapi berbahaya.

Beberapa teman menganggap saya paranoid dan tersugesti dengan daftar makanan berbahaya versi saya ini.  Tapi saya tidak peduli, karena yang merasakan saya sendiri.  Pernah migren saya parah sekali sampai kepala sebelah kanan, mata kanan dan telinga kanan saya terasa kebas dan saya betul-betul ingin menghantam kepala dengan palu supaya penderitaan berakhir.  Oh ya, saya juga pernah kena tinnitus.  Baca disini.

Dengan daftar makanan larangan ini saya mengambil kesimpulan bahwa makanan-makanan ini memang berbahaya, memang beracun.  Dan saya mencurigai pengawet-pengawet yang memang dilarang, seperti borax dan formalin atau memang terkontaminasi seperti timbal.  Setelah saya search mengenai keracunan borax dan formalin didalamnya memang termasuk mual, muntah, sakit perut dan keliyengan.

Pengaruh positif dari migren ini adalah semakin pedulinya saya dengan makanan yang saya makan.  Makanan bukan lagi hanya soal rasa tetapi juga keamanannya.  Akibatnya frekuensi jajan jauh berkurang, dan mulai rajin masak sendiri.  Di dapur tidak tersedia vetsin maupun Maggie blok.  Makanan olahan yang diawetkan seperti ikan asin, pindang dan sosis diblacklist.  Membeli ikan di pasar hanya yang hidup seperti ikan mas.  Ayam dan daging beli disupermarket yang memakai pendingin dan es batu.  Ikan laut walau enak tapi termasuk daftar merah, mengingat Bandung jauh dari laut ( saya ragu ikan-ikan itu memakai es batu dan mobil berpendingin sampai ke Bandung).  Malahan bisa dibilang sekarang kami mulai menjadi semi vegetarian.  Vegetarian terpaksa sebetulnya.

Jadi kalau pak Bondan bilang makanan Indonesia berbahaya enaknya, saya sepakat.  Makanan Indonesia enak tapi berbahaya racunnya!  Sekarang migren sudah jauuh berkurang walaupun kadang-kadang masih suka mampir.  Migren, terimakasih sudah memperingati saya.  Oh ya, posisi yoga ini sangat membantu mengurangi migren, silakan dicoba.

Comments